Rabu, 13 Juli 2011

Istilah bidang Kesehatan

Dari pada boring nungguin waktu pulang, mending iseng-iseng nulis istilah di bidang kesehatan. Berikut beberapa istilah yang ada dalam bidang kesehatan lengkap dengan pengertiannya....
a. Imunisasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) sehingga bila kelak ia terpapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau sakit ringan.
b. Vaksin adalah suatu produk biologi yang terbuat dari kuman, komponen kuman yang telah dilemahkan, dimatikan atau rekayasa genetika dan berguna untuk merangsang kekebalan tubuh secara aktif.
c. Jenis-jenis vaksin yang dipakai dalam program imunisasi di Indonesia adalah : BCG, Polio, Campak, hepatitis B, DPT-HB, DT dan TT.
d. Cold Box adalah yang digunakan untuk menyimpan dan membawa vaksin.
e. FIFO artinya yang dahulu masuk harus dikeluarkan/digunakan lebih dahulu, FEFO artinya yang dahulu expired harus dikeluarkan/digunakan lebih dahulu.
f. Freeze sensitive vaccine artinya vaksin yang peka pada paparan beku (rusak karena pembekuan) yaitu vaksin DPTHB, TT, DT, Hepatitis B, DPT-HB.
Untuk sementara itu dulu yaah. Nanti di lanjutkan lagi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar