Senin, 20 Juni 2011

Apa itu mikroba endofit?

Mikroba endofit merupakan mikroba yang hidup di dalam jaringan tanaman yang pada periode tertentu dan mampu hidup dengan membentuk koloni  dalam jaringan tanaman tanpa membahayakan inangnya. setiap tanaman tingkat tinggi dapat mnegandung beberapa mikroba endofit yang mampu menghasilkan senyawa biologi atau metabolit sekunder yang diduga sebagai akibat koevolusi atau transfer genetik (genetic recombination) dari tanaman inangnya kedalam mikroba endofit (Tan RX,et.al. 2001)
Kemampuan mikroba endofit memproduksi senyawa metabolit sekunder sesuai dengan tanaman inangnya merupakan peluang yang sangat besar dan dapat diandalkan untuk memproduksi metabolit sekunder dari mikroba endofit yang diisolasi dari tanaman inangnya tersebut. dari sekitar 30.000 jenis tanamn yang tersebar dimuka bumi ini, masing-masing tanaman mengandung satu atau lebih mikroba endofit yang terdiri dari bakteri dan jamur (Strobel GA,et.al. 2003)
Sehingga apabila endofit yang diisolasi dari suatu tanaman obat dapat menghasilkan alkaloid atau metabolit sekunder sama dengan tanaman aslinya atau bahakn dalam jumlah yang lebih tinggi, maka kita tidak perlu menebang tanaman aslinya untuk di ambil sebagai simplisia, yang kemungkinan besar memerlukan puluhan tahun untuk dapat dipanen. berbagai jenis endofit  telah berhasil diisolasi dari tanaman inangnya dan telah berhasil dibiakkan dalam media pembenihan yang sesuai. demikian metabolit sekunder yang di produksi oleh mikroba endofit tersebut  telah berhasil diisolasi dan dimurnikan serta telah dielusidasi struktur molekulnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar